Account instruktur pada suatu Cisco Networking Academy ( Cisco NetAcad atau CA) hanya dapat dibuat oleh pengelola akademi, yaitu NetAcad Contact atau NetAcad Success Lead. Adapun tata caranya adalah sebagai berikut:

  • Pengelola akademi harus login ke dalam sistem NetSpace (http://netacad.com).
  • Setelah masuk ke dalam sistem NetSpace, maka dia memilih tab Manage dan klik Manage Users.

 

  • Pilih akademi anda dan periksa daftar pengguna non-student dari akademi anda. Cek apakah personil yang akan ditambahkan sebagai instruktur belum terdaftar di dalam daftar tersebut.

ManageUser-20150816

 

  • Untuk menambahkan personil baru sebagai instruktur maka lakukan klik pada tombol Add New User.

ManageUserAdd-20150816

 

  • Masukkan nama dan email calon instruktur baru ke dalam formulir dan centang jabatan (roles) yang ditugaskan kepada personil tersebut. Sebagai catatan, apabila personil tersebut telah tercatat sebagai student pada akademi tersebut, maka sebaiknya menggunakan email yang berbeda dengan email student-nya.

AddUser-20150816

 

AddUserSuccess-20150816

 

 

  • Cek kembali pada daftar pengguna non-student, maka instruktur baru telah tercatat sebagai instruktur pada academy.

NewInstructorUser-20150816

 

Demikian tata cara untuk menambahkan instruktur baru pada akademi.

Apabila seseorang telah tercatat sebagai pengguna non-student, namun belum sebagai instruktur, maka kita dapat menambahkan privilege instructor dengan menambahkannya pada roles personil tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih (klik) nama personil tersebut pada daftar pengguna, dan tambahkan roles instruktur pada personil tersebut.

ManageUser01-20150816

 

Catatan, sebaiknya tidak menyatukan role student dan instructor dalam satu account dengan menggunakan satu email yang sama. Seseorang dapat menjadi student dan instructor (atau pengguna non-student) menggunakan nama yang sama, namun email harus berbeda.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pengelola NetAcad yang akan melakukan penambahan instruktur pada akademinya.