Membuat Soal Untuk Quiz Moodle

Bagi seorang dosen/guru/instruktur, maka sebuah test merupakan salah satu metode untuk menjajagi tingkat pemahaman para siswa terhadap materi yang telah disampaikan kepada mereka. Sudah barang tentu untuk menyampaikan sebuah test perlu disiapkan soal-soal yang akan diujikan dalam test tersebut. Tulisan ini akan membantu anda dalam membuat soal yang akan dikoleksi dalam bank soal yang ada di Moodle.

Jenis soal dalam Moodle ada beberapa macam, sebagai contoh adalah berbentuk assignmentforum, dan quiz. Dalam kesempatan ini anda akan dipandu untuk membuat soal secara masal menggunakan text editor, dan mengunggah soal tersebut ke dalam bank soal, sehingga dapat dipergunakan untuk membuat quiz.

Silakan buka text editor yang biasa anda pergunakan, kemudian ketikan contoh soal berikut ke dalam text editor.

Setelah selesai anda simpan dengan nama misal  contohSoal.txt.

.

Sebagai penjelasan,

// Komentar

::Nomor Soal::

Setiap alternatif jawaban selalu ditempatkan di dalam { jawaban }

Sehingga apabila anda memilih untuk mengunakan satu jenis soal, misalnya pilihan ganda, maka anda dapat memperbanyak soal dengan contoh Q2. Untuk memberikan nomor soal, sebaiknya diatur agar nomor tersebut dapat menunjukkan bab/chapter dari soal serta penomoranannya, misalnya  ::ch01-quiz-001::   bisa diartikan soal quiz nomor satu dari bab 1, dan seterusnya.

Setelah anda memiliki berkas berisi kumpulan soal tersebut, misalnya contohSoal.txt, maka kita akan mencoba untuk mengunggah soal-soal tersebut ke dalam bank soal dalam Moodle.

Silakan login pada sistem Moodle dan pilih mata kuliah/mata pelajaran (course) anda. 

Kemudian pilih Question – Import  pada bagian Administration

 

Pilih File format – Gift format

Pilih file yang akan di unggah ke dalam bank soal

Pilih Import


Setelah proses unggahan berhasil, maka kita bisa cek di Question Bank akan muncul soal-soal yang diunggah tersebut

Dengan demikian bank soal sudah mulai terisi. Kita dapat menambahkan soal-soal ini secara berangsur dengan cara yang sama seperti di atas. Sehingga bank soal kita akan terus bertambah, sehingga memudahkan kita saat akan membuat quiz.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *