Mengelola Gradebook (01) – Grade Letters

Pengelolaan gradebook pada elearning (Moodle) menjadi salah satu kegiatan yang penting. Kesempurnaan web elearning yang dikelola akan terasa berkurang manakala gradebook tidak tertangani dengan baik. Karena pada fasilitas inilah para peserta kuliah/pelajaran (course) akan dapat memantau performa mereka masing-masing pada saat mengikuti course ini.

Sebelum melangkah lebih jauh untuk melakukan pengaturan gradebook, hal awal yang dilakukan adalah mengacu aturan penilaian yang telah ditentukan pada institusi. Contoh aturan penilaian dapat dilihat pada gambar 1.

Gambar 1. Standar Nilai Penilaian Akhir Mata Kuliah

Setelah memahami aturan penilaian tersebut, maka hal ini dapat diadopsikan pada web elearning course dengan langkah-langkah berikut. (Pastikan bahwa anda memiliki otoritas (minimal) seorang teacher pada halaman course )

  1. Pada bagian  Course Admnistration > (Pilih) Gradebook Setup
  2. Pada halaman Gradebook Setup > (Pilih) Letters > View

Pada langkah kedua, aturan penilaian <default> yang disediakan oleh Moodle atau telah diatur oleh Administrator dapat dilihat pada gambar 2.

Gambar 2. Default Grade Letters Moodle

Apabila aturan ini belum sesuai dengan aturan institusi, maka dapat disesuaikan dengan cara memilih (klik) tombol Edit grade letters.  Sehingga kita dapat mengatur sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Contoh untuk penyesuaian ini ditampilkan pada gambar 3.

Gambar 3. Pengaturan Grade Letters Sesuai Standar Aturan Penilaian Institusi

Setelah melakukan penyesuaian, maka jangan lupa untuk menyimpan aktivitas ini dengan memilih tombol save changes pada tombol bagian bawah halaman.

Gambar 4. Hasil Pengaturan Grade Letters Baru

Pada kegiatan ini kita telah memiliki grade letters yang telah disesuaikan dengan aturan yang berlaku pada institusi kita (gambar 4). Namun apabila grade letter ini tidak dipersyaratkan dalam penilaian akhir, maka hal ini tidak perlu dilakukan.

Selamat mengelola grade letter pada course anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *