Mengelola Gradebook (02) – Grade Items

Bahasan selanjutnya dalam pengelolaan Gradebook adalah Grade Items. Grade Items adalah suatu unit atau aktivitas yang harus diakses oleh peserta untuk mendapatkan penilaian. Kata lain adalah sebagai wadah untuk menampung nilai kegiatan dari peserta Course. Sebagai contoh komponen penilaian dari sebuah course adalah sebagai berikut, seperti ditampilkan pada gambar 1.

Gambar 1. Komponen Penilaian sebuah Course

Dengan rancangan komponen penilaian tersebut, maka diperlukan penempatan komponen penilaian tersebut dalam sebuah course. Gambaran penempatan tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan aktivitas pada topik /course section yang telah disiapkan sebelumnya. Tatacara penambahan aktivitas berupa Quiz/Assignment dapat dilihat kembali pada pembahasan Membuat Quiz Online menggunakan Moodle. Contoh penempatan Grade Items ditampilkan pada gambar 2.

Gambar 2. Contoh Penempatan Grade Items (Course Activity)

Setelah penempatan Grade Items sesuai dengan rancangan komponen tugas/aktivitas yang akan dinilai, maka kesesuaian tersebut dapat diperiksa melalui fasilitas Grade yang telah tersedia pada Moodle. Gambar 3 menunjukkan pemeriksaan kesesuaian tersebut.

Gambar 3. Gradebook Setup mewadahi Grade Items

Dari hasil cek kesesuaian tersebut, mungkin para pembaca bertanya-tanya karena ada beberapa komponen penilaian yang telah dirancang di atas, walaupun telah disiapkan pada suatu aktivitas pada Course Section namun tidak muncul pada tabel penilaian Grade. Jangan khawatir, karena memang ada beberapa aktivitas yang tidak langsung akan ditampilkan pada daftar Grade tersebut. Misalkan aktivitas Forum, walaupun telah disiapkan sebagai sebuah aktivitas pada Course Section namun aktivitas Forum ini tidak muncul pada tabel Grade.

Hal serupa akan terjadi pada komponen penilaian Presensi, karena memang tidak ada aktivitas untuk presensi, maka akan ditambahkan secara manual kedalam Grade Items, sehingga presensi akan di-entri-kan secara manual ke dalam Grade menggunakan data rekap hasil presensi para peserta Course. Langkah-langkah berikut akan menunjukkan pemasukan komponen Presensi ke dalam Grade. 

  1. Pilih tombol Add grade items pada bagian halaman bawah
  2. Tambahkan item yang akan mewadahi penilaian aktivitas, kemudian tekan tombol Save changes (Gambar 4).
  3. Cek Gradebook Setup, maka seharusnya penambahan item ini telah tercantum disana (Gambar 5). Setelah selesai pemeriksaan, maka tekan tombol Save changes.

Gambar 4. Penambahan Komponen Penilaian Secara Manual

Gambar 5. Penambahan Komponen Penilaian telah Masuk pada Gradebook Setup

Apabila kita memiliki komponen penilaian lain yang tidak termasuk dalam daftar aktivitas yang telah disediakan Moodle (penilaian keaktivan peserta, dan lain sebagainya), maka kita dapat menggunakan cara yang sama di atas.

Selamat melakukan pengaturan Grade Items.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *