Mengelola Mata Kuliah

Sebagai dosen/pengajar, memiliki kewenangan untuk mengelola mata kuliah yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga dalam menuangkan urutan penyampaiannya diperlukan pengaturan yang sesuai.

Moodle memiliki fungsional untuk melakukan pengaturan dan pengelolaan mata kuliah (istilah moodle: Course) sesuai dengan keperluan seorang pengampu mata kuliah. Menu yang dipilih adalah Course Administration, ditampilkan pada gambar 1.

Gambar 1. Course Administration

Pilih menu Edit Settings. Pemilihan ini akan menampilkan jendela pengaturan mata kuliah, seperti tertampil pada gambar 2 berikut.

Gambar 2. Fungsional Pengaturan Mata Kuliah

Setelah dimunculkan jendela pengaturan tersebut, maka kita dapat mulai melakukan pengelolaannya. Pertama kali dilakukan dengan memberikan nama serta tanggal dimulai mata kuliah tersebut. Hal ini dilakukan dengan melakukan pemilihan pada menu General, sehingga tertampil seperti pada gambar 3.

Gambar 3. Menu Pengaturan General

Pada jendela di atas, nama mata kuliah dapat dituliskan dengan lengkap, beserta nama singkat dari mata kuliah tersebut. Kategori disesuaikan dengan Prodi dan Semester nya (biasanya telah diatur oleh Admin Moodle). Tanggal mulai pelaksanaan mata kuliah dapat disesuaikan. Kode mata kuliah dapat diisikan pada bagian Course ID Number.

Selanjutnya beralih ke bagian Description. Bagian ini perlu dilengkapi dengan memberikan penjelasan singkat tentang mata kuliah ini, misalkan pokok bahasan, tujuan instruksional, buku referensi dan kelengkapan penjelasan lain tentang mata kuliah ini.

Gambar 4. Isian Penjelasan tentang Mata Kuliah

Berikutnya adalah pengaturan tentang format dari mata kuliah. Pengorganisasian dari mata kuliah ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu, Single Activity, Social, Topics dan Weekly formats. Pada contoh ini dipergunakan Topics Format. Setelah pemilihan format ini, dilengkapi pula penentuan topik yang akan disampaikan dalam mata kuliah ini (misalnya penyampaian mata kuliah dibagi ke dalam 17 topik). Bagian selanjutnya adalah layout tampilan dari halaman mata kuliah ini, dengan pilihan bahwa layout akan ditampilkan secara keseluruhan (seluruh topik) dalam satu halaman, ataupun penampilan satu topik setiap halaman. Hal ini dapat dilihat pada gambar 5.

Gambar 5. Format Tampilan Mata Kuliah

Pengaturan berikutnya adalah tentang pembatasan ukuran file maksimal yang diperkenankan pada saat mengunggah file, baik file materi maupun file tugas yang akan diunggah oleh para siswa yang mengikuti mata kuliah ini. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan memberikan batasan ukuran maksimal pada menu Files and Uploads. Perlu dipahami, makin besar ukuran maksimal file yang diperkenankan untuk diunggah ke dalam sistem, maka ruang penyimpanan juga harus dipersiapkan mencukupi untuk menampung file-file tersebut.

Pada pelaksanaan mata kuliah, sering ditemui bahwa suatu mata kuliah diikuti oleh beberapa kelas paralel. Sehingga diperlukan pengaturan terhadap kelompok mahasiswa masing-masing kelas tersebut. Hal ini dapat dipersiapkan dengan menggunakan pengaturan Groups. Dengan menggunakan pengaturan ini, maka pengelompokan terhadap aktivitas dan penilaian masing-masing kelas dapat dilakukan secara terpisah, sehingga memudahkan dosen/pengajar untuk melakukan pemantauan dan pengaktivan aktivitas secara terpisah terhadap kelas paralel tersebut.

Gambar 6. Pengaturan Kelompok Mahasiswa Kelas Paralel

Setelah pengaturan-pengaturan pada pengelolaan kelas ini dilengkapi, maka aturan ini dapat disimpan dengan melakukan klik pada tombol Save and Display.

Dengan demikian penjelasan tentang pengaturan mata kuliah ini telah selesai. Silakan mengikuti tutorial berikutnya tentang pengisian materi pada halaman mata kuliah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *